Wujudkan Impian dengan Investasi Reksadana Online

Widget_PhillipBlog2Setelah sekian lama tidak menulis, mumpung ada acara Blog Competition saya buat tulisan ini. Tema kali ini adalah Wujudkan Impian dengan Investasi Reksadana Online.

Secara Umum Reksadana Itu di bagi 4  Jenis, Apa Sajakah Itu

  • Reksadana Money Market: Ini adalah reksadana yang menaruh uangnya di pasar uang memiliki sifatnya, Cenderung naik perlahan, jarang ditemukan nilai reksadana jenis ini negatif. Jika Anda menaruh uang di deposito biasanya terikat oleh waktu, dengan Reksadana ini kita tidak terikat waktu, dan imbalnya pun cenderung lebih besar. Reksdana ini cenderung “Bebas Resiko”
  • Fixed Income: Ini menaruh uangnya pada Surat hutang jangka menengah
  • Balanced: Merupakan tipe yang menaruhnya di campuran antara jenis laiinya. reksadana ini tercipta untuk mengurangi resiko resiko ketika ihsg turun
  • Equity: Ini menaruh dananya sebagian besar ke Saham jadi kalau ihsg sedang naik biasanya reksadana jenis ini juga naik, sedang jika turun biasanya juga ikutan turun. Tentunya selalu ada Reksadana tipe ini yang cukup baik loh.

Mengapa menggunakan Phillip Securites Indonesia, atau dengan nama gaulnya adalah POEMS. untuk melakukan Investasi Online

  1. Kita tidak terikat oleh tempat, dan waktu untuk melakukan transaksi, jadi teringat salah satu pembaca blog ini karena beliau di pulau kecil  yang jauh dari bank bagaimana caranya untuk membuka rekening reksadana. Walaupun saya tinggal di jakarta saya enggan untuk membeli reksadana harus mendatangi perusahaan reksadana tersebut, pada saat menjual harus mendatangi juga. Dengan membuka Account di POEMS Anda seluruh formulir bisa di kirim by post, nantinya ada tahap tatap muka yang bisa menggunakan yahoo messenger atau Video Chat lainnya.
  2. Tersedia 3 Pilihan RDI: Permata, BCA, Mandiri. oh iya RDI ini adalah Rekening Dana Investor, Jadi nanti kita harus buka rekening di salah satu bank tersebut yang di urus oleh POEMS,  supaya kita bisa transaksi. Rekening ini bebas biaya Administrasi. Masalahnya adalah kalau kita harus mentransfer beda bank lumayan sebut saja minimal Rp 6000 rupiah.  belum ditambah biaya parkir, bensin, waktu notenya adalah bukalah RDI sesuai yang sama bank dengan rekening utama Anda.
  3. Pencairan Yang Cepat:  Berbeda dengan konvesional yang harus mengisi formulir, mendeliver formulir tersebut pada POEMS ini untuk melakukan witdraw cukup mengklik beberapa tombol, jika instruksi sebelum jam 11:00 maka dana tersedia di hari yang sama, tanpa macet, tanpa prosedur yang ribet, dan di lindungi keamanan harus di withdraw ke rekening yang nama sama. Note untuk beberapa orang sebaiknya informasi ini jangan diingat bagi yang tidak bisa melihat ada duit diem mau di pakai shopping. Hahaha

Setelah mengetahui sekilas, dan sesudah membuka account di Phillips Securitas, Mari kita sedikit pratik dengan masuk ke menu POEMS ProFunds –> Funds Selection saya tampilakn sebuah gambar

Manulife Investasi

Manulife Aset Manajemen Indonesia adalah salah satu Fund Manajer, perusahaan yang mengelola uang kita produknya adalah seperti diatas, nah jika kita ingin mempunyai dana darurat kita dapat menaruhnya di Money Market terlihat bahwa performancenya cukup kecil sebanding dengan resiko yang bisa dibilang aman.dalam hal ini Manulife Dana KAS III, kalau kita menaruh di reksadana saham kita cari Category Equity dalam hal ini Manulife Saham SMC Plus, dan Manulife Syariah Sektor Amanah. jika kita mencermati ada performanfe merah di salah satu produk itu adalah sebuah resiko di pasar saham karena beberapa tahun ini ada isu amerika menaikan suku bunga, nah si produk berkategori ini Balanced ini yah yang di keluarkan untuk meminimalkan resiko.

Strategi Investasi.

Nah Mari kita mencoba salah satu strategi Investasi yang bisa Anda lakukan. pertama Adalah tetapkan tujuan Anda, karena hanya dengan tujuan yang jelas kita akan kuat menjalani segala Cobaan.

  • Buka Account POEMS, dan Memilih RDI: Karena pengalaman tidak bisa dirasakan hanya dengan membaca saja, harus di alami baru kita bisa tahu Memilih RDI Karena saya menerima gaji saya di Bank Mandiri, maka saya pun memilih RDI Bank Mandiri. Hal ini dengan pertimbangan bahwa transfer beda rekening ada biaya Transfer Antar Bank nya.
  • Menyiapkan Budget Investasi Reksadana dan melakuan set Auto Transfer: Mempercayai prinsip bahwa uang yang di investasikan adalah dikeluarkan terlebih dahulu, maka kita harus memberi alokasi budget bulanan, kira – kira berapa sebulan yang dikeluarkan,  yang kita lakukan kan adalah melakukan transfer berjadwal yang ada di internet bank Anda, misalkan Anda di Gaji setiap tanggal 1 setiap bulannya, Maka kita bisa setup di Internet banking Anda dengan melakukan transfer setiap tanggal 2 dari Rekening Gaji Anda ke Rekening RDI Anda. Kecangihan POEMS adalah setiap ada uang masuk di RDI Anda Akan mendapatkan notifikasi pada sistem email Anda.
  • Setup POEMS Pilihan pertama: Autosweep, menu ini adalah biasa digunakan untuk memberi instruksi menaruh Dana Anda pada reksadana jenis Money Market, untuk tujuan dana liburan jangka pendek silakan menggunakan menu ini.
  • Setup POEMS Pilihan Kedua SmartPlan: ini adalah fitur yang baru saya lihat hari ini loh, karena saya juga jarang buka platform ini.  Dengan Fitur ini kita bisa melakukan instruksi pembelian setiap tanggal tertentu untuk menaruh ke produk tertentu, jika Autosweep terbatas pada money market. Kalau dengan kondisi setiap tanggal 2 RDI Anda sudah terisi, maka silakan saja untuk melakukan pembelian berkala di tanggal tersebut.

Alurnya adalah; Anda Menerima Gaji bulanan di rekening Anda –> Setup Auto Transfer dari Rekening Gaji Anda ke Rekening RDI poems secara berkala bulanan –> Setup Platform POEMS supaya Investasi menggunakan Autosweep, atau SmartPlan.  Nah jadi keseluruhan proses hanya di lakukan beberapa menit, dan Anda tinggal memantau saja. #WujudkanImpianmu

Post Comment