Portofolio Saham Dimana Bisa Kita Pantau

Bagi yang punya portofolio dalam bentuk reksadana saham, maupun saham. Tentunya ingin memiliki keinginan dan merupakan keharusan untuk dapat memantau kondisi portofolionya setiap saat.

Dapat memantau portofolio setiap saat ini mungkin bukan kebutuhan bagi tipe investor long time seperti Lo Kheng Hong.  tetapi bagi rata – rata orang, ngerinya pasar crash seperti 2013 lalu jatuh cukup dalam nggak sempat cut loss. Bagi yang securitasnya memiliki auto tradding sangat terbantu, tetapi bagi yang memilih online plus tidak memiliki auto tradding pastinya akan serem juga.

Kalau mau lihat pergerakan saham bisa kita gunakan beberapa tools yang gratis atau bisa juga yang bayar. Yah tentunya titip sales saja lebih mudah.

Bloomberg.  http://bloomberg.com
Pemiliknya adalah seorang penyedia jasa data equity, memberikan fasilitas gratis untuk memantau portofolio kita, dalam bentuk saham Indonesia, maupun reksadana.  Kalau mau menggunnakan ini silakan register –> login, dan buat watchlistnya.  dikarenakan input colom hanya tanggal, equity, harga beli, dan jumlah saja. terasa kurang untuk detail fee transaksi bisa disiasati dengan memasukan perhitungan harga bersih saat pembelian.

Yahoo Finance http://finance.yahoo.com
Ada fasilitas menarik dari Yahoo Finance ini adalah email harga saham, yang kita bisa set setiap hari jam berapa ingin kita terima. Yahoo finance ini tidak mensupport untuk portofolio dalam bentuk reksadana

Akses Ksei https://investor.ksei.co.id
Kalau yang ini resmi dan setiap investor sudah otomatis memilikinya, so kita bisa melihat portofolio kita, baik itu saham, maupun surat berharga. Untuk reksadana saat ini belum, rencananya katanya akan dimasukan disini juga.
Sayangnya karena memang tidak didesain untuk ksei tidak bisa melihat plus minus portofolio kita.

Excel Portofolio
Excel bisa dibilang adalah pengolah angka yang bisa apa saja, Bagi penggunaa samuel sekuritas bisa memanfaatkan excel addonnya, bagi yang lain bisa tarik dari yahoo menggunakan macro dan fungsi vlookupnya.

Bikin Script Sendiri
Tentunya untuk keperluan sendiri kita bisa menggunakan fungsi custom, seperti yang kita inginkan. tinggal sewa hosting, bikin script jadi deh portofolio kita.

Portofolio Fasilitas Sekuritas
Nah ini yang seharusnya di berikan oleh sekuritas, realtime portofolio. bagi yang hanya 1 sekuritas pasti menyenangkan, bagi yang punya beberapa sekuritas memerlukan tool penghubung tentunya.

Investasi di pasar modal memiliki resiko yang cukup besar, sehingga kita memerlukan alat bantu pantau untuk portofolio kita. Beberapa cerita tentang keuntungan besar di pasar modal membuat orang tertarik didalamnya, beberapa cerita buruk dipasar modal juga membuat kita harus mempersiapkan semua kemungkinan yang terjadi.

Post Comment