investasi-reksadana-sekarang-harus-kuat-mental/

Kemarin ada broadcast BBM dari seorang sales reksadana yang pernah Saya beli beberapa bulan lalu, Broadcastnya sih berita gembira kenaikan NAB dibandingkan 1 hari sebelumnya, Kejadian tersebut mengingkatkan saya kepada kejadian ditempat dan waktu yang berbeda ketika seorang sales reksadana memperlihatkan di smartphonenya ke agresifan sebuah reksadana dibanding dengan reksadana pada saat tersebut. Mari kita perhatikan gambar dibawah iniIHSG-02des

Pesan BBM dikirim pada tanggal 3 Desember 2013, artinya nab dihitung pada tanggal 2 Desember 2013.  Hari ini Saya kirim BBM lagi menanyakan kabar hari ini dan belum ada jawabannya.

Ada satu performance reksadana yang menarik saat saya dengar di radio, sayang tidak lengkap saya dengar produknya tetapi produk tersebut memiliki performance naik 60% pada tahun pertama, ingat loh itu untuk tahun pertama karena kata managernya untuk tahun selanjutnya tidak ingin terlalu mengambil resiko, atau juga bisa dibilang untuk promosi produknya yang baru tahun tersebut. oh iya perhitungan tersebut bisa di sejajarkan dengan trading 5% perbulan.

Mari Kita sajikan fakta yang Ada, NAB produk tersebut semenjak 2bulan lalu telah turun sekitar 8%. Atau jika ingin melihat simulasi sendiri silakan coba ambil data 2bulan lalu masukan dan lihat harga hari ini gunakan saja bloomberg

Pelajaran adalah: Untuk memutuskan sebuah produk reksadana jangan melihat harian, minimal 1 tahun, bahkan beberapa pakar menyarankan 5 tahun performancenya. dengan seperti ini ada filter yang dilakukan oleh pemberi informasi kenaikan signifikan di informasikan ke kita, tetapi penurunan esoknya, dan total penurunan 8% tidak diinformasikan.  Walaupun hal ini sudah biasa kita hadapi bilang yang baik – baik aja, yang negatif jangan di sampaikan.

Reksadana memberikan kemudahan flexsibilitas kita terhadapat manajer investasi jika tidak perform bisa di tinggal, hal ini merupakan kelebihan investasi di reksadana dibanding investasi unit link.

Bagi beberapa orang saat ini merupakan saat yang tepat bagi contra investor. dimana orang – orang sudah pada titik ketakutan-nya mulai dari tappering di amerika sana, suku bunga BI yang tiba – tiba naik.  Kemarin saya baca warrent buffetnya Indonesia bisa profit 6000% kali dari pasar yang seperti ini

Sebagai pemula yang baru masuk bursa pasar modal. apakah 5 tahun cukup untuk investasi reksadana untuk mendapat profit.

tentunya bagi terus memonitor portofolionya minus 8% cukup berarti, portofolio saham saya yang dibeli akhir oktober lalu hingga saat ini minus 20%. biar engeh saya sebutkan misalkan Anda punya uang 100juta, maka uang Anda sekarang tinggal 80jt. 20 Juta hilang dalam 1 bulan.

Tentunya dibalik itu semua reksadana, saham memiliki potensi profit begitu menarik. Seperti yang sudah diperingkatkan sebelumnya memberikan resiko kerugian dalam bentuk material.

Post Comment