Investasi Reksadana – Saham Harus 5 tahun Baru Untung Besar?

Topik tentang investasi saham, atau reksadana saham yang katanya return terbesar dikatakan dalam beberapa tulisan sebaiknya untuk di 5 tahun?. Dalam beberapa panduan investasi reksadana saham ada semacam aturan kira – kira sebagai berikut

  • Untuk dana yang akan dipakai dalam setahun investasi di reksadana Pasar Uang
  • Reksadana Campuran untuk dana dalam 2-3 tahun
  • Reksdana saham untuk investasi diatas 5 tahun

Pertanyaan seorang awam apakah kalau investasi reksadana saham memang return lebih besar dibanding reksadana jenis lain memang dalam perjalanannya kenapa dibawah 1 tahun kenapa nggak bisa sebesar reksadana pasar uang, kalau memang benar reksadana saham itu bagus?

Hasil ngobrol dengan Customer Service dari suatu bank, pertanyaan saya waktu itu dibulan september 2013 adalah kalau reksadana campuran yang bagus apa?, jawabannya adalah wah kacau kalau reksadana campuran mending masukin reksadana pasar uang. dia pernah ikut reksadana campuran tahun lalu dan awal tahun ini ditutup. Kesimpulan cepat saya adalah 2 tahun reksadana campuran hasilnya jelek

Ketika saya menemukan link Rudiyanto dalam salah satu blog kontan ada tulisan apa yah kalau tidak salah IHSG itu secara statisktik baru dalam 7 tahun baru bisa untung. agh itu pun dalam statistik berarti tidak 100%, 1 tahun ada 12 bulan, berati yang dalam 7 tahun index tersebut bisa untung tetapi dalam 7 tahun tersebut ada juga yang rugi dong.

Baca twitt Ellen May banyak OKB ( Orang Kaya Baru) di tahun 2010, waktu itu tahun 2008 (kalau tidak salah ingat) Ekonomi terpuruk harga saham pada anjlok, kabarnya sih beberapa waktu kemudian naik IHSG 4 kali lipat. Jadi mungkin itulah banyak orang kaya baru dari moment tersebut.

Tetapi bagaimana jika pada saat kita pensiun saat terjadi ekonomi yang anjlok. artinya kan Investasi saham kita rugi dong. bahkan bisa terjadi rugi banyak bangat. Oh iya sekedar informasi aja kalau lihat beberapa brosur reksadana di bulan ini, banyak yang nilai YTD itu minus loh, reksadana minus, saham minus. Dan YTD saya belum menemukan yang nilai saham YTDnya itu plus loh.

Arti YTD saham minus Year Today adalah misalkan tanggal 1 januari 2013 kita menaruh duit 10 juta hasilnya adalah YTD -30% berarti jika saham tersebut kita jual hari ini adalah 10juta dikurang 30% atau. Dari uang 10Juta yang anda taruh di tanggal 1 januari 2013 tanggal 20 Oktober 2013 duitnya tinggal 7juta. oh YTD minus banyak dijumpai loh kalau mau ngecek sendiri silakan search aja di bloomberg.com. Bahkan yang investasi di bulan MEI kalau mau pakai sekarang yang minus nya lebih banyak.

Oh iya tadi pagi ada twiit dari bang Aidil Akbar dalam bentuk re-twitt ada yang memberi info setoran unit link 500 rebu sebulan setelah setahun saldonya 526rebu, Istri saya bilang lumanyan dong. Saya bilang ini kan 500 rebu sebulan jadi yang 500rebu dikali 11bulannya kemana? haha bang Aidil Akbar dalam twitternya kontra sama untik link, salah satu twitnya unit link kalau rugi bangat yah rugi banyak bangat. Ibu Ellen juga bilang Asuransi bagus asal tujuannya bukan untuk investasi (nah loh secara halus dia bilang unit link jelek).

Selesai, Model – model investasi sangat banyak beberapa pakar mungkin ada kepentingan dalam memberikan saran, jika ada saran jangka panjang mungkin 5 tahun bukan kah dalam satu tahun ada12 bulan, dan dalam setiap bulan. begitu juga pergerakan ihsg jika kita beli saham diminggu lalu jual di minggu ini kemungkinan besar kita profit, tetapi jika kita beli saham 4 minggu lalu lalu jugal di minggu kemarin statistik besarnya kita rugi. Tetapi saham di IDX jumlah nya ada 400 lebih. saham yang mana yang Anda beli. Dalam satu hari saja saham bisa bergerak range sampai 20%.

Post Comment