Pengalaman Pertama Membeli Saham

Awal Bulan September 2013 Rava mengikuti kelas Sekolah Pasar Modal yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia. Kegiatan Learning gratis ini diadakan di Gedung IDX di daerah SCBD Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan. Bagi yang berminat silakan melakukan pendaftaran di website resminya Sekolah Pasar Modal, Selain pendaftaran gratis juga dapat fasilitas makan siang yang disponsori oleh salah satu perusahaan securitas secara bergantian juga.

Untuk Sesi dasarnya dilakukan dalam 2 hari yang di isi dari pembicara dari pihak Bursa Efek Indonesia, KSEI, dan juga pihak perusahaan securitas. Selain hal tersebut bagi yang ingin bergabung juga diberikan kesempatan join dengan modal awal minimal sebesar 200ribu Rupiah Dibanding dengan jika non promo berkisar 5 hingga 25 juta rupiah. Tentu saja tidak ada paksaan untuk harus membuka rekening efek pada saat acara berlangsung. Saya sendiri membuka rekening securitas berbeda dengan securitas saat acara Sekolah Pasar Modal. Caranya minggu depannya saya datang lagi ke SPM untuk melakukan pendaftaran.

Oh iya modal 200ribu rupiah sebenarnya sih terasa kurang untuk investasi ataupun trading di saham,  Jika kita hitung saja minimal pembelian saham 1 Lot atau 500 Lembar, maka pilihan kita hanya terbatas di saham yang berharga dibawah 400 Rupiah, Menurut beberapa referensi yang saya baca rekomendasinya adalah beli saham yang harga minimal 500 Rupiah. maka pilihan pertama saya jatuh ke Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia, yaitu PT Kimia Farma, Tbk. harga saat pembelian adalah 550, Jadi total harga untuk satu lot adalah 275 ribu plus komisi beli 0.18%. Yah jadi kesimpulan saya adalah 300 ribu sebenarnya adalah modal minimum bangat untuk masuk ke pasar modal.

Akhirnya saya pun ikut merasakan sensasi memicu adrenalin di pasar modal, Waktu itu last price sekitar 560, Saya melakukan bid 550 rupiah. Penantian yang mendebarkan transaksi pertama kali di ikuti pencet – pencet tombol dan beberapa kali revisi harga dari 520 awalnya. Dan akhirnya pun pin saya ganti dan lupa Pin

Saya pun lupa PIN transaksi saya di sore hari setelah mendapatkan saham yang pertama. mau langsung minta reset malu, ah akhirnya biarkan saja dulu deh.  Sampai akhirnya Sore harinya. dan esok hari saya minta email saja PIN dan untungnya adalah prosedur reset PIN cukup mudah cukup email saja, tanpa harus datang ke kantor cabang.

transaksi pertama yang terjadi di tanggal 24 september tersebut, akhirnya saya jual kembali di 560 pada 30september 2013.  Sebenarnya saya target pricenya 570 sih, tetapi mengingat pentingnya bagi saya untuk profit dibulan pertama, Akhirnya diputuskan untuk menjual diangka 560 dari transaksi sebesar 11 Lot Saham KAEF saya mendapatkan profit sebesar sekitar 40ribuan.

Sampai saat ini mayoritas investor pasar modal Indonesia adalah orang asing, Jika orang asing saja ingin menginvestasikan uangnya pada pasar modal Indonesia, Artinya adalah pasar modal Indonesia sangat mengungtungkan dibandingkan investasi di Negaranya. Satu hal lagi dengan investasi di pasar modal Indonesia secara tidak langsung kita juga menopang perkembangan ekonomi Indonesia. Siap ke Pasar Modal ?

2 thoughts on “Pengalaman Pertama Membeli Saham

  1. Selamat subuh 😀
    Saya adalah anak ekonomi dengan jurusan akuntansi, namun pengetahuan akan investasi termasuk dengan saham ini saya sendiri agak minim, padahal sangat tertarik sekali, adakah cara untuk membeli saham ini secara online bisa dilakukan ?
    kira-kira untuk ukuran mahasiswa seperti saya ini berapakah minimal biaya yang bisa dianggarkan untuk bermain saham ? Sebelumnya saya informasikan kalau saya berdomisili di Kalimantan Tengah jadi akses seperti saham ini sulit sekali, bahkan sangat sulit

    Reply

Post Comment