Selamat pagi, ini merupakan tulisan kedua di portal saham, Ceritanya mau flash back dahulu. Saya mempelajari saham itu di Sekolah Pasar Modal, sekitar september 2013, tahun lalu. Sekuritas pertama yang saya miliki adalah Sekuritas agak berbau BUMN

LogoIDX

Strategi jual beli saham yang pertama, adalah ikutin rekomendasi dari sekuritas.  Setiap hari ada rekomendasi beli saham, tidak semua rekomendasi saya ikuti, tetapi biasanya referensi disitu. dan bulan september oktober adalah rekomendasi yang saya ikuti banyak benarnya, sedang dibulan berikutnya pasar lagi down trend isu tappering, dan rekomendasi yang saya ikuti (tidak semua rekomendasi) banyak salahnya.  Total saya tidak hitung los atau profit tapi yang pasti dengan nominal yang kecil.

Dan setelah itu saya pause beberapa bulan, ceritanya ingin naik gunung lagi mencari ilmu. setelah turun gunung ternyata terlambat Event uptrendnya sudah dimulai dari januari.

Saya sering mendengar 80% orang traiding saham akan berakhir pada kegagalan, 20% nya yang akan tetap bertahan. entah itu benar atau tidak. Strategi traiding orang terbaikpun di katakan hanya memiliki 70% keakurasiaan. Tentu saja ada cerita menarik yang selalu menjadi daya tarik orang masuk ke pasar equity.  dan Untungnya saya masih selamat.

Sempat belajar saham, katanya pakai strategi coba dahulu di test 10 tahun, efektifk kah strategi tersebut. pesannya jangan menggunakan uang real.

Bagi yang mau berbagi pengalaman bersama silakan, bagi yang mau menjadi kontributor silakan,  Misi kita adalah untuk pendidikan