Setelah sedikit banyak mengumpulkan informasi semua teori tentang investasi/trading saham, mungkin adalah lebih baik memulai dari  sekolah pasar modal yang resmi di organisir oleh Bursa efek Indonesia http://sekolahpasarmodal.idx.co.id.

Take Action adalah langkah penting selanjutnya,  Setelah kita tau belajar pasar modal dari mana ketika mengikuti training sekolah pasar modal di IDX mungkin kita juga ditawari untuk buka rekening dengan modal awal sekitar 200ribu dibanding buka langsung di sekuritas langsung yang mulai dari 5jt an. Beberapa strategi customer ada yang menaruh dana 10jt an sebagai modal awal dan dalam beberapa minggu bisa diambil dong. Sehingga modal awal sesuai dengan keinginan saja.

Cukup banyak perusahaan sekuritas yang ada saat ini, apa sih kriteria pemilihan Anda?

  • Kredibilitas Perusahaan Sekuritas. Dahulu ada pelarian dana nasabah securitas yang bernama sarijaya membawa kabur dana nasabah tersebut, sehingga saat ini ada kebijakan penggunaan Rekening Dana Nasabah
  • Biaya Beli & Biaya Jual Perusahaan Sekuritas. Beli mulai dari 0.18 harga jual 0.28
  • Biaya bulanan Perusahaan Sekuritas. Entah itu dalam bentuk terminal fee, market info atau dalam bahasa lainya. Ada yang gratis ada yang berbayar rata – rata 25rb – 35rb.
  • Automatic Trading Perusahaan Sekuritas, Bagi beberapa orang automatic trading adalah hal utama, karena seperti memiliki assisten tersendiri.
  • Modal Awal. Bagi yang mau mulai yang modal awal terbatas yah boleh saja.
  • Fasilitas Rekomendasi: Tentunya dengan gaya Anda ada yang memberikan rekomendasi bulanan, mingguan, bahkan ada yang sehari 3-4 kali ( kaya minum obat aja)
  • Kecangihan Aplikasi. Apakah itu menu khusus (pasar yang sedang trend) mobile aplikation, beberapa securitas jadul hanya memiliki web trading saja. tidak memiliki smartphone aplikasi (seperti aplikasi untuk Android, Blackberry)

Ketika kita selesai membaca blog ini mungkin ada pertanyaan seperti saya pernah bertanya setelah membaca beberapa artikel lainnya. Sewaktu dahulu kala ada beberapa sang pakar berbicara mencari bank yang bebas biaya serta memiliki internet banking pencarian saya tidak menemui hasil.

Sebelum menentukan kriteria pencarian, hal pertama Anda ingin memutuskan gaya investasi Anda entah Investor atau sebagai trader, sebagai investor tentu Anda mungkin tidak memerlukan Automatic trading, serta memilih yang biaya bulanan gratis. Sedangkan sebagai trader tentu Automatic trading sangat diperlukan.

Hal yang paling penting juga adalah rekomendasi perusahaan. Seberapa tepat rekomendasi perusahaan bagi aktivitas trading/investasi kita.