Sebagai nasabah sekuritas, Sudahkah Anda memperoleh kartu AKSes?  oh iya bagi yang belum tahu, ketika kita mendaftar sebagai nasabah sebuah sekuritas selain mendapatkan account disekuritas tersebut, kita juga mendapat kartu AKses, fungsinya adalah sebagai pengamanan data Anda, jadi data kepemilikan saham serta cash di RDI (rekening Dana Investore) anda dapat juga di monitor melalalui KSEI, jika Anda memiliki account dibeberapa sekuritas semua data dirangkum dalam 1 Identitiy yang sama.

dengan memiliki account ini kita bisa mengecek, apakahorderan saham kita benar sudah di kita, apakah ada penyimpangan di rekening dana investor kita. Jadi kemungkinan kecurangan di pihak sekuritas diminimalisir.

Jangka waktu normal untuk pembuatan kartu AKSes adalah 3 hari, dan langsung di kirim ke pada sekuritas tempat pertama kali kita membuat account.  Kalau daftar di sekuritas kedua sudah tidak dapat kartu lagi, tetapi beberapa pengalaman yang lain biasanya 1 bulan waktu aman kita bisa mendapatkan fisik kartu akses untuk kita dapat pegang.

Sewaktu 2 minggu menjadi nasabah suatu sekuritas ada suatu postingan menarik dari beberapa senior yang belum mendapat kartu tesebut, sebulan, dua bulan, enam bulan bahkan bertahun – tahun. Saya juga menanyakan hal tersebut tetapi belum dijawab belum ada kartu AKSes milik saya.

Mungkinkah kartu AKSes kita di gunakan oleh sekuritas? ini menjadi misteri bagi saya, ngapain tuh sekuritas tidak mengirim kartu apa terkait dengan biaya pengiriman yang harus dikeluarkan, atau kah ada suatu misi lainnya. Otak detektif saya mulai mencari tahu. bisa saja kartu AKSes ini di tahan sama sekuritas, si sekuritas melihat transaksi kita, apakah kita hanya memiliki account pada sekuritas dia saja atau tidak.

Mungkin sudah menjadi rahasia umum, dan memang 2 sekuritas yang pernah saya datangi acara trainingnya 1 secara tegas, 1 secara isyarat bahwa banyak yang mengambil rekomendasi  dari sekuritasnya, tetapi saat transaksi menggunakan sekuritas lain. Logika hal ini adalah securitas lain memiliki biaya lebih rendah dari sekuritasnya.

Strategi saya meminta kartu AKSes Sama seperti beberapa senior saya yang mental saat meminta kartu akses, saat saya tanyakan pertama saya pun di informasikan bahwak kartu akses saya belum tersedia, tetapi saya akhirnya memutuskan untuk email customer support AKSes menanyakan status AKSes saya, dan mendapat jawaban bahwa sudah dari awal  kartu saya di kirim ke sekuritas tempat saya daftar, jadi alurnya kalau Anda sudah mendapatkan login yang bisa digunakan untuk transaksi berarti kartu AKSes Anda sudah tersedia, karena kita tidak bisa transaksi saham kalau belum terdaftar di KSEI. Email yang dari customer service KSEI saya forwardkan ke Customer Service sekuritas saya. Dan dinyatakan kartu sudah tersedia.

Perjuangan saya tidak selesai disitu, karena bagi saya kalau kartu belum ditangan berarti belum selesai misinya, disisi lain saya membaca keluhan email rekan – rekan yang dijanjikan dikirim kartu, tetapi tidak sampai, akhirnya saya pun janjian ambil saja di kantor sekuritas tersebut. ada 2 hal pertama saya ingin cros cek apakah informasi kartu tersedia benar adanya atau cuma janji manis,  Yang kedua karena rumah juga jarang ada orang, jadi ngeri ilang juga klo di kirim ke rumah.

Akhirnya saya memengang fisik kartu akses saya sebelum berganti tahun, dengan jarak saat membuka account pertama akhir september dan mendapat kartu akhir desember. Kurang lebih 3 bulan, tetapi walaupun saya baru menerima kartu akses saya setelah 3 bulan saya sudah mengakses login akses saya karena sebenarnya walau kartu belum dapat kita bisa minta reset pin kita ke KSEI

Update Informasi Tambahan

Untuk Menghubungi AKSE KSEI dapat di Call Center (+62 21) 515 2855, Toll Free 0800 186 5734, Email : akses@ksei.co.id.  Saya sendiri pernah coba 2 kali telp, tetapi tidak terjangkau. Solusinya adalah dengan Email dalam 1-2 Hari bahkan kurang sudah mendapat respon yang memuaskan.

Informasi lebih lanjut di https://investor.ksei.co.id/