Jebakan Sekuritas -Rekomendasi Setiap Hari

Jebakan Sekuritas, apakah sekuritas menjebak para nasabahnya ?. Oh iya sewaktu sekolah pasar modal dikatakan bahwa 80 orang traiding akan mengalami ke gagalan.  dan saya setuju dengan pernyataan tersebut.

Mari kita cerna sedikit logika berikut :

  • Broker, mendapat fee dari setiap transaksi nasabahnya, semakin besar dan banyak transaksi semakin besar fee yang di dapat. jika nasabah transaksi tidak sering, maka komisi diterima akan sedikit. apalagi yang tidak mebebankan biaya bulanan.
  • Bagi broker yang tidak mebebankan biaya bulanan yang katanya disetor lagi ke BEI karena live data ( ada yang membebaskan biaya tersebut). mengandalkan fee transaksi.
  • Mereka para profesional sering kali antara sekuritas satu, dan lainya saling bertentangan. Ada yang bilang sell, ada yang bilang buy.

Sedangkan kesalahan pemula dalam traiding saham adalah menelan mentah – mentah rekomendasi dari sekuritas tempat dia buka account.

Alasannya adalah karena rekomendasi sekuritas adalah rekomendasi dari professional. Masa profesional salah.

Mari kita melihat kembali tulisan perjalanan IHSG selama 5 tahun terakhir. Ada masa – masanya IHSG Uptrend, ada masa – masanya Sideway, dan ada masa – masanya  DownTrend.

Dan yang sebenarnya Traiding paling enak adalah saat Uptrend, misalkan habis krisis 2008, beli saham dengan filling pun kemungkinan terbesar adalah harga naik,

Tidak seperti property yang harga naik setiap senin, maka saham sehabis krisis harga naik setiap hari, Kecuali dosa Anda terlalu besar sehingga rugi traiding disaat uptrend berarti Anda harus segera bertobat.

Saya tergelitik pernyataan mas Iyan, di blognya dia menyatakan rugi sedikit sewaktu crash 2013, bukan karena dia jago analisa, tetapi karena posisinya yang memang sedikit. Para profesional selalu tahu mana saat traiding, mana saat liburan.

Saat ini ada dua sekuritas yang tidak memberi rekomendasi traiding setiap hari.

Tetunya sebagai pemula kita juga musti tau kondisi global, yah kalau sedang downtrend menahan diri dahulu saja, kalau sedang uptrend ikuti rekomendasi juga boleh, kalau malas mau analisa sendiri toh kalau sedang uptrend senin harga juga naik.

Terlalu banyak rekomendasi, tentunya karena dana terbatas. dan juga males ikutin juga yang membuat kita bikin gerah.

Harapan sekuritas. Jangan terlalu mengejar fee traiding, bukankah kalau nasabah untung sekuritas juga di untungkang, sebenarnya saya setuju dengan pengenaan fee bulanan.

Kepada para newbie, jangan sampai terjebak yah.

 

 

 

 

2 thoughts on “Jebakan Sekuritas -Rekomendasi Setiap Hari

Post Comment