Tulisan ini bisa mewakili para new bie tradder, dan saya yakin masih ada beberapa hal yang masih diperlukan bahkan untuk para full time traider.

Terakhir mengikuti Fee Workshopnya Johnantan Tan, ada satu yang menarik beliau bilang kepada peserta, I am lazy traider, sedangkan traider IHSG sangat rajin. Jam 9 Standby depan komputer, istirahat jam 12 – 13:00 lalu standby lagi di depan komputer. sikap tubuh siap pegang mouse, Siap – siap sinyal buy datang, senin – jumat dan sabtu minggu pada pegal – pegal.

Saya sendiri mencari Sekuritas yang memiliki fasilitas alert, untuk sinyal beli – sinyal jual, sayangnya kebanyakan tidak bisa push alert ke email, atau sms.  kebanyakan hanya di aplikasi saja. Tentu memaksa kita untuk memantau terus aplikasi. Yang menyedihkan lagi autotrading yang tidak memberi notifikasi ketika triger berjalan. Bayangkan triger sell jalan, tetapi tidak done, dan kita tidak dapat informasi apa -apa. hal ini cukup menyebalkan.

Hal basic yang sebenarnya kita butuhkan dari sekuritas adalah: “nofikasi alert price, ketika harga masuk kriteria tertentu, dan tentu saja ketika order done.

Kebanyakan sekuritas saat ini, mengklaim bahwa risetnya adalah yang terbaik, tetapi dikasih rekomendasi tiap hari males juga bacanya. apalagi sehari bisa 3 kali. dan yang paling menyebalkan adalah analisanya salah. Kalau benar yah pasti menguntungkan dong.

Kalau mau fair yah tim riset pegang dong risetnya saat masuk, saat keluar. Saat ini saya menemukan Samuel Sekuritas, dan Phillips Sekuritas yang ada fasilitas seperti ini. Jadi dikasih rekomendasi beli, nanti saat keluar dikasih tau.

Notifikasi triger harga ke email juga saya temukan di kedua sekuritas ini, sedang di salah satu sekuritas lainya. fasilitas tersebut tidak bisa jalan.