Kemarin Saya berkutat dengan data history selama 10 tahun,  rencananya adalah membuat tabungan rencana jangka pendek, 1 tahun (kurang) Bulan Juni – Mei 2015.

Saya biasa menabung tabungan rencana untuk keperluan ini, tantangannya adalah gmana pindahin aja ke saham. Tentu tantangannya adalah bagaimana agar di Mei nanti pas penarikan portofolio minus.

Saya mencari harga saham 500-200 karena rencananya rutin bulananan adalah 250rb.  Saya melakukan sortir terhadap 412 saham dan akhirnya dapat 33 saham untuk lebih jelasnya ada di tantangan Investasi saham 200 ribu perbulan

Saya mendapat 33 saham yang saya sortir lagi sehingga mendapat saya lakukan simulasi selama 10 tahun, dapat 9 saham yang memberi return bagus, ( saya anggap bagus) detailnya adalah Simulasi Investasi berkala 10 tahun

Dari 9 saham itu saya coba salah satu saham, sehingga mendapat simulasinya  detail cara saya menganalisa ada di Simulasi Investasi Berkala 1 tahun.

Dari situ saya mendapatkan untuk sekitar beberapa bulan pertama 1-6 bulan pertama portofolio kita akan minus,  resikonya adalah setelah 6 bulan akan kah pasti positif.

Saat ini saya sedang berfikir untuk menggunakan analisa trend following. atau di campurkan untuk keamanannya.